test

Kesehatan

Jumat, 4 Oktober 2019 07:07 WIB

Waspada! Kantong Teh Celup Kandung Mikroplastik

Editor: Redaksi

Kantong teh celup. (Foto: Dok Net).

PMJ – Peneliti dari McGill University di Montreal, Kanada, mengatakan bahwa teh yang diminum sehari-hari dapat mengandung mikroplastik akibat pelepasan dari kantong teh celup.

Untuk diketahui, teh celup memiliki banyak varian, berdasarkan dari penggunaan bahan kantong dari produk masing-masing. Seperti beberapa merek yang menggunakan kertas, namun ada juga lainnya yang menggunakan plastik.

Penelitian yang dilakukan di Kanada tersebut menemukan bahwa kantong teh plastik dapat melepaskan 11 miliar partikel plastik berukuran mikro dan 3 miliar partikel plastik berukuran nano ketika dicelupkan di air panas 95 derajat celsius.

"Jenis (kantong teh) plastik biasanya berbentuk piramida, tetapi tidak selalu," kata Laura Hernandez selaku penulis dari penelitian tersebut kepada Healthline.

Namun, plastik mikro tersebut sebelumnya juga telah ditemukan di botol air minum yang terbuat dari plastik oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut WHO, mikroplastik saat ini dianggap tak membahayakan tubuh manusia, meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

“Kita pada dasarnya masih dalam tahap dimana metode penelitiannya cukup lemah,” kata Dr Bruce Gordong dari WHO. (DEW)

BERITA TERKAIT