test

News

Sabtu, 27 Maret 2021 17:25 WIB

Menkes: Infeksi Covid-19 di Indonesia Diharapkan Terus Turun

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto : PMJ/Gtg).

PMJ NEWS -  Beberapa negara di Eropa mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19. Adapun salah satu penyebabnya diketahui strain (varian) baru hasil mutasi virus Corona yang dianggap lebih cepat menular.

Di samping itu, diperkirakan penyebab lainnya yakni, mobilitas orang di kawasan Eropa yang mulai terlalu longgar pasca dimulainya vaksinasi Covid-19.

Menanggapi varian jenis baru Covid-19 dan lonjakan kasus di Eropa, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa varian baru sudah masuk di Tanah Air sejak Januari 2021.

“Beberapa negara di Eropa mengalami kenaikan kasus infeksi Covid-19. Dari pengamatan kami, terjadinya lonjakan ini karena adanya strain baru yang sudah ada di Indonesia sejak Januari. Dan, adanya mobilitas yang terlalu agresif pembukaannya," tuturnya.

Adapun untuk di Indonesia, menurut Menkes, arahan dari Presiden Jokowi yaitu mencari titik keseimbangan agar hasil penurunan angka infeksi Covid-19 yang sudah bagus karena PPKM Mikro dan vaksinasi tidak kehilangan momentum.

“Sehingga angka infeksi Covid-19 di Indonesia diharapkan terus turun dan tidak mengalami lonjakan seperti di Eropa," harap Menkes.

Disiplin Prokes

Lebih jauh Menkes mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksinasi agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M. Antara lain, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Prokes 3M akan bisa menghindarkan setiap orang dari infeksi Covid-19 secara umum dan juga strain barunya.

BERITA TERKAIT