test

Kesehatan

Minggu, 10 November 2019 11:11 WIB

Kamu Harus Tahu, Senyawa Gas Dalam Septic Tank Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Ferro Maulana

Senyawa berbahaya dalam septic tank. (Foto: Dok Net)

PMJ – Septic Tank dipenuhi dengan beberapa gas yang dapat meledak. Bukan hanya berpotensi meledak, gas-gas tersebut juga merupakan senyawa yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia apabila dihirup. Berikut merupakan informasi dari gas-gas tersebut.

Pertama, hidrogen sulfida merupakan gas tak berwarna namun berbau seperti telur busuk. Gas H2S tersebut juga sangat mudah terbakar dan meledak.

Tak hanya berbahaya dari ledakannya saja, terbakarnya H2S juga menyebabkan keluarnya sulfur dioksida yang sama-sama berbahaya ketika dihirup tubuh. Dilansir oleh Healthline, H2S dapat membuat tubuh kita merasakan gejala-gejala buruk, kerusakan organ, hingga bahkan kematian.

Kedua, amonia juga tidak memiliki warna namun mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan juga dapat dihasilkan bahan organic alami seperti kotoran hewan.

Amonia tidak mudah terbakar, namun paparan yang lama dapat juga membuat tubuh kita sakit-sakit. Gas tersebut dapat menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan hingga bahkan kerusakan organ dan kematian apabila terpapar cukup lama.

Terakhir, metana dan karbon dioksida yang tidak terlalu berbahaya untuk tubuh. Meskipun tidak berbahaya, gas metana sendiri sangat mudah terbakar dan meledak.

Digabungkan dengan campuran gas-gas yang sebelumnya disebutkan, ledakan yang dapat terjadi bukan hanya merusak hal-hal materiil, namun kesehatan udara yang membuat lingkungan menjadi sangat berbahaya. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT