test

Kesehatan

Sabtu, 23 November 2019 07:01 WIB

Kurang Tidur pada Wanita Lansia Dapat Tingkatkan Resiko Osteoporosis

Editor: Ferro Maulana

Wanita lansia. (Foto: Dok Net)

PMJ – Penelitian yang dirilis di dalam Jurnal Bone and Mineral Research menemukan bahwa kekurangan tidur pada wanita lanjut usia (lansia) dapat memperburuk kesehatan tulang dengan mineral BMD yang lebih rendah dan meningkatkan resiko osteoporosis.

"Studi kami menunjukkan bahwa (kurang) tidur dapat berdampak negatif bagi kesehatan tulang, menambah daftar dampak negatif kesehatan dari tidur yang buruk," demikian kata pemimpin studi Heather M. Ochs-Balcom, Ph.D., seorang Profesor Epidemiologi.

Pengujian tersebut dilakukan terhadap sebanyak 11.084 peserta, dimana mereka menghubungkan tidur dengan durasi yang pendek dengan kemungkinan patah tulang yang lebih tinggi.

"Jika Anda kurang tidur, salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa remodeling tulang tidak terjadi dengan benar," jelas Ochs-Balcom.

Selain tidur yang cukup, professor tersebut menjelaskan bahwa memakan diet yang sehat dan kegiatan fisik olahraga juga penting untuk kesehatan tulang. Ia berharap, studi ini lebih menggarisbawahi lagi pola hidup yang sehat, terutama dalam pola tidur.

"Saya harap (studi) ini juga dapat berfungsi sebagai pengingat untuk berjuang untuk 7 jam atau lebih yang disarankan per malam untuk kesehatan fisik dan mental kita," pungkas Ochs-Balcom. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT