test

Kesehatan

Sabtu, 2 Oktober 2021 12:22 WIB

5 Manfaat Air Soda Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Kesehatan Tulang

Editor: Hadi Ismanto

Air soda atau carbonated water ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Air soda atau carbonated water adalah air yang terbentuk dari proses karbonasi, sehingga di dalamnya terdapat buih gas karbon dioksida. Dalam minuman soda juga mengandung natrium, magnesium, kalium dan kalsium.

Minuman yang satu ini selain segar dan nikmat, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan hingga memelihara kesehatan tulang.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/10/2021), berikut manfaat air soda bagi kesehatan.

1. Mencegah Dehidrasi
Agar terhindar dari dehidrasi Anda perlu mencukupi asupan cairan tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup. Namun, jika bosan minum air putih, Anda bisa mengonsumsi minuman lain, seperti air soda, jus buah segar, teh, atau infused water.

Air soda maupun air putih sama-sama bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, sehingga baik untuk membantu mengatasi dan mencegah dehidrasi.

2. Bantu Atasi Gangguan Menelan
Air soda kaya akan gas karbon dioksida yang baik untuk meningkatkan kemampuan menelan di tenggorokan, terutama pada lansia dan penderita disfagia.

Riset menunjukkan konsumsi air berkarbonasi dapat membantu membersihkan tenggorokan dan merangsang kemampuan menelan tubuh, sehingga bisa membantu orang yang mengalami masalah susah menelan untuk bisa makan dan minum lebih lancar.

3. Melancarkan Pencernaan
Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi air soda dapat membantu dan mencegah seseorang mengalami konstipasi.

Hal itu karena adanya magnesium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga akan mempermudah Anda untuk buang air besar.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Air soda yang mengandung kalsium dan magnesium berkhasiat untuk memelihara kesehatan tulang. Menurut sebuah studi, air berkarbonasi dengan kandungan kedua mineral ini disebut bisa membantu membuat tulang menjadi lebih kuat.

Meski begitu, asupan kalsium dari air soda saja tidaklah cukup, karena kebutuhan kalsium yang disarankan untuk tulang yang sehat adalah 1.200 mg per harinya.

Untuk menjaga kekuatan tulang, Anda perlu mengonsumsi sumber kalsium dan vitamin D, seperti susu, keju, yoghurt, tahu, dan bayam. Selain itu, agar tulang dan sendi tetap kuat, Anda juga perlu rutin berolahraga.

Hindarilah konsumsi air soda yang mengandung asam fosfat, karena zat ini justru malah bisa mengganggu proses penyerapan kalsium ke tulang, sehingga tulang berisiko mudah keropos dan melemah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Suatu riset menyebutkan bahwa kandungan gas karbon dioksida, mineral, dan air pada air soda bermanfaat untuk melancarkan aliran darah pada kulit serta membersihkan kulit dari debu dan kuman.

BERITA TERKAIT