test

Kesehatan

Senin, 2 Desember 2019 09:26 WIB

Pahami! Kurang Tidur Bisa Timbulkan Masalah Baru Bagi Tubuh dan Pikiran Manusia

Editor: Ferro Maulana

Dampak dari kurang tidur. (Foto: Dok Net)

PMJ – Berapa jam Anda tidur tadi malam? Kekurangan tidur dapat melahirkan masalah-masalah baru untuk tubuh dan pikiran, seperti jatuhnya energi hingga depresi. Apabila anda memiliki “hutang tidur”, berikut adalah informasi yang perlu kamu ketahui.

Hutang tidur atau deficit tidur adalah efek kumulatif sehari-hari kurangnya tidur kita. Hutang tersebut dapat menumpuk setiap hari, membuat tubuh dan pikiran kita sama-sama merasa kelelahan.

Bayangkan jumlah waktu tidur seperti memasukkan uang kedalam rekening bank Anda. Ketika kita tidak cukup tidur, uang itu harus ditarik dan harus dilunasi kembali. Hati-hatilah ketika anda memiliki terlalu banyak “hutang” ke bank tersebut, karena mungkin tubuh anda tidak pernah akan bisa mengejar ketinggal tersebut.

Hal ini karena mengejar ketinggalan hutang tidur malam tidak sama dengan tidur yang dibutuhkan. Ketika kita mengejar ketinggalan tidur, dibutuhkan waktu ekstra bagi tubuh kita untuk pulih. Menurut sebuah studi dari Pubmed Central 2016, satu jam kurang tidur saja membutuhkan 4 hari penuh untuk dipulihkan kembali.

Hal yang sangat umum terjadi adalah “menebus” tidur yang hilang di akhir pekan. Namun, jika tubuh kita tidur terlalu lama pada hari Sabtu dan Minggu, sulit untuk tidur tepat waktu pada Minggu malam berikutnya dimana hutang kemudian berlanjut ke minggu berikutnya.

Maka dari itu, jagalah tidur setiap malam, usahakan tubuh kita mendapatkan waktu tidur yang cukup karena hutang sedikitpun akan sangat sulit untuk dibayar kembali. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT