test

Kesehatan

Senin, 23 Desember 2019 10:10 WIB

Riset, Penyuka Makanan Pedas Lebih Panjang Umur

Editor: Ferro Maulana

Sambal pedas (Foto: Ilustrasi)

PMJ - Kamu penyuka makanan pedas? Rasa pedas bisa membangkitkan selera makan jadi terasa mantap. Selain menambah cita rasa, makanan pedas ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Epidemiologi dan Pencegahan IRCCS Neuromed di Pozzilli, Italia mengemukan bahwa orang yang hobi makan pedas, kemungkinan memiliki harapan hidup lebih lama dari pada mereka yang tidak menyukai pedas.

Studi ini menyelidiki apakah cabai yang merupakan bahan umum dalam masakan Italia atau diet mediterania, dapat dikaitkan dengan risiko kematian lebih rendah atau tidak. Terutama jika cabai dikonsumsi secara rutin. Pada riset ini, tim mengamati 22.811 orang dewasa.

Asupan cabai peserta diukur dengan menggunakan Kuesioner Frekuensi Makanan dan dikategorikan pada tidak pernah atau jarang mengonsumsi cabai selama dua kali sepekan, tiga atau empat kali sepekan dan lebih dari empat kali dalam sepekan. Peserta kemudian diikuti selama rata-rata delapan tahun.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC) menunjukkan, peserta yang makan cabai empat kali sepekan atau lebih memiliki risiko 40 persen lebih rendah meninggal karena serangan jantung.

"Dengan kata lain, seseorang dapat mengikuti diet mediterania yang sehat, karena semua jenis cabai memiliki efek perlindungan pada tubuh," ungkap Marialaura Bonaccio, penulis pertama penelitian, seperti dilansir laman Malaymail, Senin (23/12/2019).

Riset ini menjadi yang pertama menyelidiki apakah cabai dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah pada populasi Eropa dan Mediterania. Sebelumnya, cabai telah dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah pada populasi Cina dan Amerika.(Hdi)

BERITA TERKAIT