test

News

Jumat, 3 Maret 2023 09:33 WIB

Tiap Jumat Polda Metro Berlakukan Car Free Day, Layanan Publik Tetap Dibuka

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Suasana Car Free Day di area Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS -  Polda Metro Jaya memberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) setiap hari Jumat dengan menerapkan pembatasaan jumlah kendaraan yang memasuki area Polda Metro.

Pelayanan publik yang berlangsung di Polda Metro tetap dibuka untuk umum, seperti Samsat dan pelayanan pembuatan laporan polisi di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Namun pelayanan di Samsat untuk cek fisik kendaraan dibatasi jumlahnya.

“Kita masih melakukan pelayanan ini seperti cek fisik baik kendaraan roda empat dan roda dua ini dibatasi pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, dikutip Jumat (3/3/2023).

Pemberlakuan CFD atau HBKB di Polda Metro Jaya juga termasuk kepada personel kepolisian, meski ada beberapa jenis kendaraan yang dikecualikan. “Namun demikian, ada beberapa hal yang menjadi pengecualian, tentu terkait mobil dinas yang terkait operasional, ini masih diperbolehkan,” ucapnya.

Masyarakat maupun anggota yang ingin memasuki area Polda Metro Jaya juga dihimbau untuk menggunakan layanan moda transportasi umum bagi yang ingin atau berkepentingan ke Polda Metro Jaya.

Berdasarkan pantauan hari ini sekitar pukul 08.00 WIB, lapangan parkir Polda Metro Jaya yang sehari-harinya penuh kendaraan mobil dan motor, tampak lengang dari kendaraan-kendaraan yang masuk ke Polda Metro dan yang parkir.  

Begitu juga dengan lalu lintas yang di dalam area Polda Metro Jaya yang ditutup dan dibatasi dengan water barrier, serta sejumlah anggota polisi yang berjaga di sekitar untuk memberikan himbauan arah lalu lintas.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya akan mengembangkan ‘hutan kota’ untuk mengurangi polusi udara dengan menerapkan Car Free Day di lingkungan Polda Metro pada hari Jumat (3/3/2023) lusa.

“Hari Jumat ini tepatnya tanggal 3 Maret 2023 akan diterapkan Car Free Dat di lingkungan Polda Metro Jaya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (3/3/2023).

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan, dalam penerapannya nanti akan dibatasi kendaraan yang akan masuk ke area Polda Metro Jaya.

“Kepada internal sudah kami sampaikan untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke wilayah area di Polda Metro Jaya,” ucapnya

“Namun demikian ada beberapa hal yang menjadi pengecualian, tentu terkait mobil dinas yang terkait operasional, ini masih diperbolehkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia meminta dukungan kepada semua pihak agar proses ke depannya bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Tentunya kami mohon dukungan terkait Car Free Day yang ada di Polda Metro,” tandasnya.

BERITA TERKAIT