test

News

Rabu, 22 Februari 2023 15:43 WIB

Panglima TNI: Pembebasan Pilot Susi Air Tak Langsung Operasi Militer

Editor: Hadi Ismanto

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat kunjungan kerja di Bali. (Foto: PMJ News/Dok Mabes TNI)

PMJ NEWS - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan proses pembebasan pilot Susi Air, Philips Mark Methrtens (37) yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua harus mengutamakan upaya persuasif.

"TNI masih berupaya bersama dengan Polri. Ini adalah penegakan hukum, tidak langsung operasi militer," ujar Laksamana TNI Yudo Margono di Bali, Rabu (22/2/2023).

"Hal ini tentunya tetap mengedepankan penegakan hukum. Karena ini orang asing yang disandera KKB, tetap diupayakan dengan cara-cara persuasif," sambungnya.

Menurut Yudo. upaya penyelamatan tersebut mengedepankan peran pemerintah daerah setempat, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. Dia menyebut negosiasi tersebut terus berjalan dan tetap memberikan pengamanan kepada masyarakat di daerah tempat penyanderaan.

"Kita harus melaksanakan dengan negosiasi. TNI utamakan tokoh-tokoh daerah dan tokoh masyarakat. TNI tidak bisa selesaikan masalah ini dengan cara militer karena ini dalam situasi damai, dan di Papua ini ada masyarakatnya juga. Jangan sampai masyarakat ini terdampak," terangnya.

Yudo juga memastikan pihaknya tidak akan menambah pasukan untuk melakukan penindakan terhadap KKB pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera Kapten Philip Mark Merthens.

"TNI tidak mengerahkan pasukan. Itu kemarin pergantian pasukan yang sudah ada di sana yang memang ditugaskan di sana," tukasnya.

BERITA TERKAIT