test

News

Jumat, 3 Maret 2023 17:03 WIB

Upaya Pembebasan Pilot Susi Air, Polri Lakukan Pendekatan Soft Approach

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Tim gabungan TNI-Polri terus mengupayakan pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sejak beberapa waktu lalu.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan salah satunya upaya pembebasan dilakukan dengan pendekatan soft approach oleh TNI-Polri bersama Pemda hingga tokoh agama setepat.

"Satgas Damai Cartenz, tentunya dengan TNI-Polri didukung Pemda, tokoh agama setempat berupaya dengan pendekatan soft approach. Semoga pilot tersebut dikembalikan dalam keadaan sehat juga," ungkap Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (3/3/2023).

Menurut Dedi, komunikasi antara pemerintah daerah dan KKB guna memastikan kondisi keselamatan pilot Philip. Dia menyebut Polri tidak memiliki batas waktu dalam operasi pembebasan ini.

"Komunikasi antara pemerintah daerah dan KKB itu yang masih diutamakan dulu, dan yang paling utama adalah keselamatan pilot menjadi faktor penentu," ujarnya.

Dedi mengaku belum dapat memastikan kapan evakuasi pilot Susi Air tersebut bisa dilakukan. Dia mengatakan medan yang berat dan sulitnya komunikasi jadi hambatan dalam proses evakuasi.

"Belum berani memastikan (kapan bisa dievakuasi), karena di sana jalur komunikasi susah, kemudian untuk menempuh satu titik ke titik koordinat yang lain kan juga butuh waktu butuh perjuangan, butuh effort (tenaga) yang sangat tinggi lah untuk bisa mencapai titik itu," tukasnya.

BERITA TERKAIT