test

Kesehatan

Kamis, 9 Februari 2023 10:04 WIB

Cegah Serangan Jantung Saat Tidur, Ini Saran Para Ahli

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung dapat menimpa siapa saja dan dalam kondisi apapun, termasuk saat tidur. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Serangan jantung dapat menimpa siapa saja dan dalam kondisi apapun. Kondisi ini sering muncul secara mendadak tanpa diawali oleh gejala yang khas.

Lalu, bagaimana cara mengenali gejala serangan jantung saat tidur? Para ahli menyarankan untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan tertentu untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Direktur Kardiologi Intervensi Fortis Hospital India, dr Keshava R menyarankan untuk menjaga gaya hidup sehat, termasuk makan makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok, dan mengelola kondisi kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

"Penting juga untuk mengatasi gangguan tidur dan tidur yang cukup secara teratur," ujar dr Keshava seperti dikutip dari laman Indian Express, Rabu (8/2/2023).

Sementara Head of Medical Affairs South Asia, ResMed, dr Sibasish Dey mengatakan terlepas dari apakah kesehatan kardiovaskular Anda dalam kondisi prima, tidur malam yang nyenyak sangatlah penting.

"Tingkat energi, kemampuan berpikir jernih, dan kesehatan secara keseluruhan meningkat dengan tidur," jelas dr Sibasish.

Berikut tips mencegah serangan jantung saat tidur:

1. Terapkan Teknik Relaksasi
Beberapa metode yang bermanfaat untuk orang termasuk pernapasan dalam, yoga, peregangan lembut, dan meditasi perhatian.

2. Olahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur membantu orang tidur lebih nyenyak pada malam hari. Namun sebaiknya olahraga tidak dilakukan sesaat sebelum tidur.

3. Tetapkan Jadwal Tidur Teratur
Salah satu pendekatan paling efektif untuk mendorong tidur nyenyak adalah menjaga waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari.

4. Dapatkan Sinar Matahari yang Cukup
Sinar matahari menyebabkan tubuh membuat melatonin, hormon alami yang membantu menjaga siklus tidur-bangun Anda tetap teratur. Seseorang harus menghindari "cahaya buatan" yang berasal dari gawai, terutama pada jam-jam sebelum tidur.

5. Mengelola Kecemasan dan Stres
Stres dapat membuat Anda sulit tidur. Individu akan memiliki kemampuan untuk tidur lebih nyenyak ketika mereka produktif dan optimis.

BERITA TERKAIT