test

News

Kamis, 19 Januari 2023 12:24 WIB

Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Jokowi: Bisa Kurangi Banjir Manado

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. (Foto: PMJ News/Biro Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). Bendungan yang dibangun sejak 2016 ini menghabiskan anggaran sebesar Rp1,9 triliun.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara," ucap Jokowi saat peresmian.

Menurut Jokowi, bendungan ini memiliki kapasitas tampung hingga 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare. Dia menyebut bendungan ini dapat mengurangi banjir khususnya di Manado dan juga untuk mengairi lahan pertanian.

"Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau ndak dihentikan disini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir sehingga kita ingat 2014 Manado pernah banjir bandang," tuturnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, Bendungan Kuwil Kawangkoan ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang akan menghasilkan dua kali 0,70 Megawatt.

"Jadi bendungan kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. Meskipun kecil tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro," tukasnya.

BERITA TERKAIT