test

Regional

Senin, 2 Januari 2023 15:05 WIB

Jumlah Pengungsi Korban Banjir di Kabupaten Kudus Terus Bertambah

Editor: Ferro Maulana

Sejumlah pemukiman penduduk tergenang banjir. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Mundir menerangkan, jumlah pengungsi korban banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terus bertambah.

Adapun sekarang jumlahnya menjadi 643 orang dan tersebar di sembilan titik pengungsian. 

"Warga yang mengungsi tersebar di 9 tempat pengungsian yang disediakan pemerintah dan masyarakat," tutur Mundir, di Jakarta, Senin (2/1/2023).

Mundir melanjutkan, warga dari desa-desa yang dilanda banjir di Kecamatan Jati, Undaan, dan Mejobo antara lain mengungsi di Gedung DPRD Kudus, tempat ibadah, dan balai desa.

Kemudian juga mengungsi di gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), sekolah dasar, dan tempat pendidikan Al Quran.

Menurutnya, warga yang mengungsi karena permukiman mereka kebanjiran, jumlahnya meningkat signifikan dari sebanyak 149 orang pada 31 Desember 2022 lantaran banjir meluas.

Sementara itu, data BPBD menunjukkan banjir melanda 17 desa di wilayah Kecamatan Jati, Undaan, Mejobo, dan Kaliwungu.

Lalu, banjir melanda Desa Jati Wetan, Jetis Kapuan, dan Tanjung Karang (Kecamatan Jati), Desa Ngemplak, Karang Rowo, Wates, dan Undaan Lor di (Kecamatan Undaan).

Selanjutnya, Desa Kirig, Payaman, Gulang, Temulus, Kesambi, Mejobo, dan Hadiwarno (Kecamatan Mejobo), serta Desa Setrokalangan, Kedungdowo, dan Banget (Kecamatan Kaliwungu).

“Warga yang mengungsi dari tiga kecamatan, karena dari Kecamatan Kaliwungu belum ada yang mengungsi," tutupnya.

 

BERITA TERKAIT