test

News

Senin, 19 Desember 2022 11:41 WIB

Angkasa Pura II Prediksi Mobilitas Saat Nataru Capai 2,5 Juta Penumpang

Editor: Hadi Ismanto

PT Angkasa Pura II prediksi pergerakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru meningkat. (Foto: PMJ News/Dok Angkasa Pura).

PMJ NEWS - PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi angka pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelolanya saat periode angkutan Natal dan Tahun Baru pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, akan mencapai 2,54 juta penumpang.

"Jumlah ini naik 26,36 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 2,01 juta penumpang," ungkap President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangannya yang dikutip pada Senin (19/12/2022).

Selain itu, Angkasa Pura II juga memperkirakan pergerakan pesawat bakal mencapai 20.349 penerbangan. Angka ini meningkat 6,56 persen dari perioden sebelumnya sebanyak 19.096 penerbangan.

"Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, AP II memastikan kesiapan 20 bandara dan kita semua berharap penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat," tuturnya.

Dia memastikan koordinasi dan komunikasi seluruh stakeholder di bandara AP II dipastikan berjalan baik dan intensif guna memastikan operasional serta pelayanan terhadap penumpang pesawat dapat optimal di tengah peak season.

Sebagai upaya menjaga koordinasi para stakeholder, AP II mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di 20 bandara pada 19 Desember 2022 - 3 Januari 2023.

"Posko juga untuk memonitor data penerbangan real time agar AP II dapat selalu menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi," terangnya.

Sementara Director of Engineering AP II, Agus Wialdi mejelaskan infrastruktur di 20 bandara dipastikan siap melayani penumpang pesawat pada periode angkutan Nataru.

"Infrastruktur sisi udara dan sisi darat dipastikan siap. Di sisi udara misalnya dilakukan overlay (penebalan) runway di Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung) dan Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya)," tukas Agus.

BERITA TERKAIT