test

Kesehatan

Selasa, 22 November 2022 11:23 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Daun seledri bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Daun seledri ternyata seledri memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis sayur yang bernama latin apium graveolens ini mengandung nutrisi, air yang tinggi dan rendah kalori.

Selain itu, sayuran hijau ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien dan memainkan peran penting dalam mengelola serta menyembuhkan banyak masalah kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022), berikut manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

1. Bantu Kurangi Risiko Kanker
Manfaat seledri untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko kanker. Seledri kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Ini mengandung dua flavonoid bioaktif yaitu apigenin dan luteolin, yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh. Apigenin adalah agen kemopreventif, dan sifat anti-karsinogeniknya menghancurkan radikal bebas dalam tubuh untuk mendorong kematian sel kanker.

2. Meredakan Peradangan
Seledri penuh dengan antioksidan fitonutrien yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harbin Medical University (China) menemukan bahwa sayuran ini juga merupakan sumber flavonoid yang penting.

Studi lain yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan bahwa jus seledri atau ekstrak seledri juga mengurangi aktivitas protein tertentu yang terkait dengan peradangan. Ekstrak biji seledri dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Turunkan Tekanan Darah
Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Seledri ditemukan mengandung fitokimia yang disebut phthalates, yang melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah.

Seledri juga memperluas otot polos di pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian di Iran yang dilakukan pada tikus mengaitkan sifat antihipertensi seledri dengan fitokimia yang sama.

Seledri juga kaya akan nitrat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ulasan lain dari profil fitokimia ekstrak biji seledri juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Serat alami yang ditemukan dalam seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan. Serat larut dalam seledri difermentasi oleh bakteri di usus besar.

Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang salah satunya (butirat) meningkatkan kesehatan saluran cerna. Seledri juga mengandung serat tidak larut dan dapat meningkatkan pergerakan usus.

5. Cegah Kehilangan Memori
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas JiNan (Cina) menemukan bahwa ada hubungan antara luteolin (flavonoid yang ditemukan dalam seledri) dan penurunan tingkat kehilangan memori terkait usia.

Luteolin menenangkan peradangan otak dan dapat membantu dalam pengobatan gangguan peradangan saraf. Dengan demikian, ini juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi saraf.

BERITA TERKAIT