test

Kesehatan

Senin, 12 April 2021 10:02 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Buah sirsak memiliki manfaat yang baik untuk bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Hampir semua orang pernah memakan buah sirsak. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah dengan nama latin Annona muricata L ini ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah sirsak bisa didapatkan melalui kandungan nutrisinya yang cukup lengkap seperti karbohidrat (fruktosa), kalori, protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin B1, B2 dan vitamin B6.

Selain itu buah sirsak juga mengandung senyawa dan mineral seperti folat, riboflavin, asam pantotenat, niasin, thiamin dan masih banyak lainnya. Kandungan nutrisi yang lengkap juga membuat buah sirsak cocok dikonsumsi secara rutin

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/4/2021), berikut sejumlah manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan dari buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi.

Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Melancarkan pencernaan
Dalam 100 gram sirsak, mengandung 20 miligram vitamin C yang memiliki manfaat sebagai pengobatan alami untuk disentri. Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk pengobatan yang berhubungan dengan masalah saluran pencernaan.

Buah sirsak mengandung alkaloid dan kuin antiradang, sehingga dapat mengurangi parasit di usus. Tidak hanya itu, alkaloid juga mengurangi rasa nyeri dan sakit di perut.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Buah sirsak mengandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Berbagai penelitian memang telah menunjukkan berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Namun, perlu diingat, manfaat sirsak tersebut baru diketahui berdasarkan hasil studi dari beberapa penelitian berskala kecil.

4. Menurunkan tekanan darah
Sirsak bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Gadjah Mada, menunjukkan bahwa suplemen yang terbuat dari daun, ekstrak, dan biji sirsak mengurangi penurunan kadar LDL dalam tubuh.

LDL adalah Low-Density Lipoprotein atau dikenal sebagai kolesterol jahat. Mengonsumsi sirsak juga bisa menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak makan sirsak.

5. Menghilangkan stres
Teh sirsak telah digunakan untuk menghilangkanstres dan insomnia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rutgers University Libraries, sifat antiradang pada sirsak bisa menenangkan seseorang yang sedang sulit tidur.

Hormon stres dalam tubuh bisa mengganggu dan merusak metabolisme tubuh. Selain membantu menghilangkan stres, efek menenangkan tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi insomnia.

BERITA TERKAIT