test

Kesehatan

Sabtu, 16 Oktober 2021 22:01 WIB

5 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjal Hingga Kanker

Editor: Hadi Ismanto

Rebusan daun salam bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Daun salam merupakan salah satu bumbu masakan yang menjadikan citarasa makanan lebih lezat. Namun taukah kamu bahwa tanaman yang memiliki nama latin Syzygium Polyanthum memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Air rebusan daun salam mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. Kandungan itulah yang membuat banyak orang mengolah daun salam sebagai makanan hingga obat herbal.

Selain itu, Daun salam juga mengandung mineral cukup tinggi seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsium.

Untuk mendapatkan khasiat dari kandungan tersebut caranya pun mudah, dimana daun salam cukup direbus saja. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/10/2021), berikut manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Batu Ginjal
Manfaat rebusan daun salam yang pertama adalah untuk mengobati batu ginjal. Di dalam tubuh terdapat enzim urease. Enzim ini berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal. Daun salam dipercaya dapat mengurangi kadar enzim urease di dalam tubuh.

2. Mengobati Kanker
Manfaat rebusan daun salam dapat membantu dalam pengobatan kanker, khususnya kanker payudara. Daun salam memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang berguna melawan radikal bebas yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat rebusan daun salam yang berkaitan dengan terapi kanker.

3. Mengatasi Asam Urat
Rebusan daun salam dikenal juga memiliki manfaat dapat mengatasi asam urat. Asam urat merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada area sendi.

Untuk mengatasi asam urat, Anda cukup membuat racikan minuman dari daun salam. Caranya yaitu dengan merebus daun salam dengan 10 gelas air. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari. Anda akan merasakan manfaatnya jika mengonsumsi sesuai takaran.

4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung
Manfaat rebusan daun salam yang lainnya adalah menurunkan risiko serangan jantung. Serangan jantung termasuk penyakit jantung yang paling berbahaya di dunia.

Serangan jantung merupakan adalah penyebab pertama kematian di dunia. Penyakit ini terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Dengan mengonsumsi daun salam bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Mengonsumsi rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena adanya zat polifenol dalam daun salam, yang dipercaya berperan baik dalam menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian membuktikan mengonsumsi setiap hari 1-3 gram daun salam dalam bentuk kapsul dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Meski begitu, konsumsi daun salam bersamaan dengan obat penurun gula darah harus disertai pemantauan kadar gula darah karena dikhawatirkan terjadi perubahan drastis.

BERITA TERKAIT