test

Hukrim

Jumat, 18 November 2022 18:40 WIB

Ditangkap, Ini Wajah Pelaku Penipuan Mahasiswa IPB dengan Modus Pinjol

Editor: Ferro Maulana

Pelaku penipuan yang diamankan polisi. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Tim dari Polres Bogor, Polda Jawa Barat meringkus wanita berinisial SAN yang merupakan terduga penipu ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berkenaan pinjaman online (pinjol).

“Kita sedang periksa pelaku SAN. Sudah mengarah pada satu nama tersangka,” ungkap Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan.

Menurut Iman, penangkapan SAN dilakukan pasca polisi melakukan pemeriksaan beberapa saksi yang merasa terjebak pinjol bermodus investasi di sebuah toko online.

Masih dari keterangan Iman, pihaknya masih mendalami perkara tersebut dan belum menjelaskan secara rinci mengenai kronologi penangkapan SAN beserta perannya dalam kegiatan yang menyebabkan kerugian miliaran rupiah.

“Kami sedang mendalami apakah orang-orang yang membantu terselenggaranya kegiatan itu berperan secara aktif dan mengetahui dari awal tentang keadaan palsu yang ditawarkan tersebut,” tutur Iman.

“Seandainya itu bisa terpenuhi, maka kepada mereka juga bisa dikenakan Pasal Penyertaan,” sambungnya.

Sebelumnya, Polres Bogor mengaku menerima laporan beberapa mahasiswa IPB yang mengaku terjerat pinjaman online pada Selasa (15/11/2022) dan Rabu (16/11/2022).

Modus pinjol yang menimpa ratusan mahasiswa IPB tersebut yaitu berkedok toko online. Para korban awalnya ditawari investasi dengan iming-iming keuntungan 10 persen di sebuah toko online.

Para korban mengaku diminta oleh pengelola toko online untuk mengajukan pinjaman online, selanjutnya uangnya diinvestasikan di toko online itu.

 

BERITA TERKAIT