test

News

Senin, 14 November 2022 10:23 WIB

Bus Listrik Merah Putih Dihadirkan Untuk Layani Delegasi Peserta KTT G20

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Menhub dan Mendikbudristek resmi merilis bus merah putih untuk delegasi G20. (Foto: PMJ/Dok PT INKA).

PMJ NEWS - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi merilis Bus Listrik Merah Putih yang akan digunakan untuk melayani para delegasi dan peserta KTT G20 di Bali.

Bus Listrik Merah Putih tersebut merupakan hasil kolaborasi beberapa pihak, yakni Kemnhub, Kemendikbudristek Kementerian BUMN, PT Industri Kereta Api (INKA), serta sejumlah perguruan tinggi di Indonesia seperti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Terima kasih kepada Mas Menteri Nadiem yang telah memberikan dukungan membiayai riset yang dilakukan para mahasiswa dalam pembuatan bus listrik ini. Riset menjadi kunci bagaimana kita membuat komponen kendaraan listrik buatan dalam negeri yang biayanya lebih murah, kualitasnya baik, dan daya jelajah yang tinggi,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menambahkan, Bus Listrik Merah Putih yang diluncurkan tersebut merupakan hasil karya kolaborasi anak bangsa yang patut diapresiasi dan dapat menjadi contoh dalam melakukan inovasi-inovasi lain kedepannya.

Selain itu, Nadiem menyebutkan bahwa penyelenggaraan KTT G20 dapat menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulannya. “Di G20 ini, tampak sekali di panggung dunia, kita mampu menghasilkan karya yang datang langsung dari akademisi dan mahasiswa kita,” tandasnya.

BERITA TERKAIT