test

News

Kamis, 10 November 2022 11:02 WIB

Wapres Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: PMJ News/YouTube Kemensos)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Ma'ruf Amin bertindak sebagai inspektur upacara yang digelar secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin tiba di TMP Kalibata pukul 08.00 WIB. Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Kolonel Pasukan Dedi Agung Sulistyo, yang menjabat sebagai Komandan Satuan Bravo 90 Kopasgat.

Kemudian diikuti hormat senjata dan dilanjutkan dengan penghormatan bagi arwah para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dibunyikan sirene selama 60 detik. Selanjutnya, diakhiri dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Wapres sebagai Inspektur Upacara.

“Untuk para pahlawan kusuma bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Wapres.

Wapres kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Wamenag Zainut Tauhid. Ma'ruf Amin melanjutkan prosesi upacara peringatan Hari Pahlawan dengan melakukan tabur bunga.

BERITA TERKAIT