test

News

Senin, 24 Oktober 2022 10:41 WIB

Menkes Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 di Awal Tahun 2023

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut kewaspadaan perlu tetap dilakukan menjelang awal tahun 2023, yang diperkirakan akan muncul varian baru Covid-19, seperti varian XBB.

Menurut budi, kemunculan mutasi baru juga terjadi di negara lain, salah satunya India. Belajar dari pengalaman sebelumnya, di awal tahun biasanya kasus melonjak pasca libur natal dan tahun baru.

"Ujiannya nanti akan kita lihat di awal tahun depan karena beberapa varian baru seperti BA.2.7.5 sudah terjadi di India," ujar Menkes Budi seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (24/10/202).

Budi pun mendorong agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sementara itu, peraturan bebas masker disebut menjadi salah satu penyebab kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah negara.

Lebih lanjut Budi pun berharap pada awal tahun depan, Indonesia bisa mencegah kenaikan kasus Covid-19. Sebelumnya, Indonesia berhasil mencegah kenaikan kasus dengan baik pada bulan Juli dan Agustus tahun ini.

"Sehingga Indonesia akan menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang selama 12 bulan berturut-turut tidak mengalami ada lonjakan kasus," tuturnya.

BERITA TERKAIT