test

News

Kamis, 20 Oktober 2022 12:02 WIB

Jalin Sinergi dengan Universitas, Polda Metro Bakal Tes Urine Mahasiswa

Editor: Hadi Ismanto

Keterangan Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa. (Foto: Istimewa).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya akan menjalin sinergi dengan sejumlah univesitas di Jakarta untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan kampus. Sebagai langkah pencegahan, polisi akan rutin melakukan tes urine pada mahasiswa.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Mukti Juharsa mengatakan tes urine juga dilakukan untuk menekan penggunaan dan peredaran penyalahgunaan narkoba di Indonesia

"Ke depan Polda Metro Jaya akan mencoba membangun komunikasi dengan beberapa komunitas untuk melakukan tes urine sebagai barikade dan barier awal kampus sebagai penjaga moral," jelas Mukti Juharsa kepada wartawan, Kamis (20/10/2022).

"Kita akan join dengan beberapa universitas untuk melakukan tes urine bersama. Semoga program ini bisa sukses dan lancar dengan menekan angka-angka pengguna yang ada di wilayah Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," sambungnya.

Lebih lanjut Mukti mengungkapkan, program ini sendiri direncanakan mulai dijalankan pada bulan depan. Nantinya, tes urine akan dijadwalkan sebulan sekali dan dimulai dari kampus di Jakarta.

"Sudah masuk program kita ya tes urine, nanti kita insyaallah bulan depan. (Tes urine) sebulan sekali," ujarnya.

Menurut Mukti, program tes urine di lingkungan kampus dijadwalkan lantaran jumlah pengguna narkotika di Indonesia terus meningkat. Dari berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) kenaikan pengguna narkotika dari 1,8 persen menjadi 1,95 persen.

"Bahwa data pengguna narkoba dari 2019-2021 meningkat. Dari tahun 2019 berjumlah 1,8 persen. Sekarang berjumlah 1,95 persen. Penggunaan narkoba akibat pengaruh teman mencapai angka 88,4 persen," tukasnya.

BERITA TERKAIT