test

News

Minggu, 2 Oktober 2022 06:06 WIB

Kapolri Tekankan Pentingnya Ideologi Pancasila dalam Berpolitik

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok PMJ/ Fjr)

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menekankan pentingnya ideologi Pancasila dalam kegiatan berpolitik di Indonesia agar terhindar dari perpecahan.

“Saya mengingatkan bahwa yang namanya persatuan dan kesatuan itu adalah sila ketiga dari Pancasila. Jadi ketika kita bicara politik bangsa, maka politik yang harus kita sampaikan kepada masyarakat adalah politik dan ideologi Pancasila,” ujar Sigit di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

“Jadi itu yang saya pesankan. Sehingga dengan demikian, kita bisa menghindari perpecahan. Kita bisa menghindari terjadinya polarisasi, karena ke depan yang kita butuhkan adalah persatuan dan kesatuan,” tambahnya.

Sigit menambahkan, perlunya menjaga nilai-nilai dalam Pancasila yang menjadi ideologi negara dan harus dipertahankan sampai kapanpun.

“Sila kelima, keadilan sosial bagi masyarakat seluruh Indonesia, ini tentunya harus kita jaga,” ucapnya.

“Sekali lagi, warna kulit kita boleh apa saja, agama kita boleh apa saja, manakala kita bicara Pancasila, maka kita bicara ideologi negara, maka kita semua menjadi satu, karena Pancasila adalah final dan kita semua sudah membuktikan bahwa itu adalah dasar negara yang harus selalu kita pertahankan sampai kapanpun,” tandasnya.

BERITA TERKAIT