test

News

Selasa, 23 Agustus 2022 12:24 WIB

Minta Menteri ATR/BPN Berantas Mafia Tanah, Jokowi: Yang Main-main Gebuk

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh jajarannya, terutama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk serius dalam memberantas mafia tanah.

Pernyataan tersebut disampaikam Jokowi saat memberikan sambutan saat menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, yang dikutip dari laman resmi Setkab, Selasa (23/8/2022).

"Kalau masih ada mafia yang main-main silakan detik itu juga gebuk. Ini meruwetkan ngurus sertifikat. Tidak bisa kita biarkan rakyat tidak dilayani urus sertifikat, setuju enggak?" jelas Jokowi.

Jokowi juga menyebut telah meminta Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto untuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat tanah. Agar masyarakat bisa memiliki bukti kepemilikan.

"Saya sudah perintahkan ke Menteri BPN agar ini terus dipercepat supaya seluruh masyarakat pegang bukti hak kepemilikan tanah yaitu sertifikat," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat menyimpan dengan baik sertifikat tanah yang merupakan dokumen penting berisi informasi hak kepemilikan tanah.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti konflik maupun sengketa tanah di daerah di Indonesia yang masih banyak terjadi dikarenakan masyarakat tidak memegang hak hukum atas tanah tersebut.

"Ini penting, ini adalah bukti hak kepemilikan tanah. Kalau ada yang mengklaim ‘ini tanah saya,’ (tunjukkan) ‘oh bukan, tanah saya, sertifikatnya ada’, (mereka) enggak bisa apa-apa. Ini adalah bukti hak hukum atas tanah," tukasnya.

BERITA TERKAIT