test

News

Selasa, 16 Agustus 2022 12:02 WIB

Ketua MPR: Tidak Ada Negara yang Berikan Subsidi BBM Sebesar di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Foto: PMJ News/MPR)

PMJ NEWS -  Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjelaskan tidak ada negara yang memberikan subsidi energi baik bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan listrik sebesar di Indonesia.

Total anggaran subsidi energi sampai sekarang mencapai Rp502 triliun. Bamsoet melanjutkan, lonjakan harga pangan dan energi yang terjadi saat ini kian membebani masyarakat.

Alasannya, masyarakat baru saja bangkit dari pandemi Covid-19.

"Lonjakan harga minyak dunia pada awal April 2022 diperkirakan mencapai 98 dolar AS per barel. Angka ini jauh melebihi asumsi APBN 2022 sebesar 63 dolar AS per barel," terang Bamsoet pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI, Selasa (16/8/2022).

Menurut Bamsoet, dengan lonjakan harga itu udah menambah beban subsidi untuk BBM, Pertalite, Solar, dan LPG. Yang mana subsidi energi sudah mencapai Rp502 triliun.

"Kenaikan harga minyak yang terlalu tinggi, tentu akan menyulitkan kita dalam mengupayakan tambahan subsidi, untuk meredam tekanan inflasi,”jelasnya.  

“Tidak ada negara yang memberikan subsidi sebesar itu," tuturnya.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Pertamina untuk mengendalikan BBM, kepada masyarakat. Hal itu karena di tahun ini anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sangat dibebani oleh subsidi energi khususnya BBM.

 

 

BERITA TERKAIT