test

Kesehatan

Sabtu, 6 Agustus 2022 21:09 WIB

Hindari, Ini Empat Dampak Buruk Minum Teh Saat Perut Kosong

Editor: Hadi Ismanto

Menikmati secangkir teh bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Bagi sebagian orang, teh adalah minuman ternyaman dengan banyak manfaat kesehatan. Teh memiliki kandungan antioksidan yang meningkatkan kekebalan dan metabolisme. Namun, minum teh dalam kondisi perut kosong justru bisa berdampak buruk.

Seperti dilansir dari laman Indian Express, Sabtu (6/8/2022), meminum teh saat perut kosong setiap pagi dapat mengganggu perut Anda atau memicu asam lambung dan merusak pencernaan.

Teh pagi dapat memengaruhi pencucian bakteri dari mulut ke usus, yang dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan gangguan pencernaan. Berikut empat efek samping minum teh saat perut kosong.

1. Sakit kepala
Anda mungkin minum secangkir teh untuk mengurangi sakit kepala Anda, tetapi itu mungkin akan menjadi sebaliknya karena adanya kafein dalam teh. Minum banyak air putih sebelum tidur dapat membantu mengatasi hal ini.

2. Gangguan Pencernaan dan Dehidrasi
Minum teh saat perut kosong dapat membentuk gas dalam sistem pencernaan. Teh bersifat diuretik yang menyebabkan Anda sering buang air kecil. Jika tidak diisi ulang dengan sering hidrasi, dapat menyebabkan dehidrasi.

Tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi karena jam tidur pada malam hari. Ketika Anda minum teh pada pagi hari segera setelah bangun tidur, itu menyebabkan dehidrasi. Teofilin, zat kimia dalam teh, dapat memiliki efek dehidrasi pada koprolit, yang juga dapat menyebabkan konstipasi.

3. Menghambat Penyerapan Nutrisi
Teh memiliki unsur yang disebut tanin yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Kafein juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi.

4. Keasaman
Teh mengganggu asam basa cairan lambung Anda. Dengan refluks asam, Anda bisa merasakan mulas. Mulas adalah bagian dari reaksi teh asam di perut Anda.

BERITA TERKAIT