test

News

Senin, 18 Juli 2022 21:01 WIB

Menkes: Presiden Minta Jemaah Haji yang Tiba di Indonesia Divaksin Booster

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTubeSetpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jemaah haji yang baru pulang dari Arab Saudi untuk disuntik vaksin booster. Vaksinasi bisa dilakukan di asrama haji sambil menunggu penjemputan keluarga.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin setelah mengikuti rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022).

"Bapak Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum di-booster diminta sambil menunggu di asrama haji sebelum dijemput oleh keluarganya bisa di-booster," jelas Menkes Budi.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga mencontohkan vaksinasi booster bagi jemaah di Jawa Timur. Dia menilai langkah Pemprov Jatim patut dapat ditiru daerah lain.

"Banyak jemaah-jemaah haji yang baru pulang, jemaah haji yang baru pulang kita melihat bahwa di Jatim Ibu Gubernur sudah melakukan booster bagi mereka yang belum di-booster itu baik sekali," ujar Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan Presiden juga menginstruksikan percepatan vaksinasi dosis ketiga. Selain itu, vaksinasi booster bakal menjadi syarat berbagai kegiatan masyarakat.

"Bapak presiden memberikan arahan agar vaksinasi booster itu dipercepat. Beberapa kegiatan masyarakat nanti akan kita minta agar diwajibkan vaksinasi booster dengan tujuan untuk melindungi masyarakat," tukasnya.

BERITA TERKAIT