test

Kesehatan

Kamis, 23 Januari 2020 16:40 WIB

Belum Ada Obatnya, Begini Mencegah Terjangkit Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Seorang iluan tengah mengamati sampel virus (Foto: Dok Net)

PMJ - Mewabahnya Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China kini menjadi ancaman kesehatan diseluruh dunia. Pasalnya, virus mematikan ini tak hanya menular melalui hewan, tapi juga antarmanusia dan tak dapat disembuhkan menggunakan antibiotik.

Dari laporan pemeritah Cina pada rabu kemarin, korban meninggal dunia bertambah menjadi 17 orang dan 300 orang terinfeksi.

Sejauh ini wabah dengan gejala batuk, kesulitan bernafas, dan radang paru-paru, telah melanda berbagai negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Makau.

Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan beberapa panduan untuk mencegah dan menghindari penyebaran Virus Corona.

Hal tersebut sejalur dengan imbauan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui pola makan bergizi serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Berikut sejumlah tips untuk mencegah dan menghindari virus corona:

1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman.

2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.

3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

4. Gunakan masker.

Namun, jika kamu telah merasakan gejalanya berusahalah untuk tidak menularkan virus kepada orang lain. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk melindungi orang lain agar tidak tertular:

1. Tetap istirahat di rumah.

2. Hindari kontak dekat dengan orang lain.

3. Tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin. Buang tisu ke dalam tempat sampah dan cuci tangan.

4. Bersihkan benda-benda di sekitar.(Fni/Hdi)

BERITA TERKAIT