test

Kesehatan

Sabtu, 14 Maret 2020 10:54 WIB

Yuk Terapkan! Ini Tips dari Dokter PMJ Agar Kamu Terhindar dari Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Sosialisasi pola hidup sehat di lingkungan Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

PMJ - Kasus virus corona kian meningkat di Indonesia. Bahkan, tercatat telah puluhan  orang positif Covid-19 dan ratusan orang masih dalam pemantauan. Tetapi, yang perlu dicatat virus corona bisa diantisipasi dan disembuhkan ditangani dengan cepat serta benar.

Kasubbid Kespol Biddokkes Polda Metro Jaya, AKBP Mintarya bersama dokter Fitriana RN sebagai dokter Poliklinik Biddokkes Polda Metro menghadirkan pencegahan serta solusi dalam mencegah virus corona.

Kasubbid Kespol Biddokkes dan Jajaran Polda Metro Jaya berikan sosialisasi pola hidup sehat terhindar dari virus corona. (Foto: PMJ News).

Dokter Mintarya menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan lingkungan, baik di rumah atau tempat tinggal kita dan tempat bekerja (kantor) kita.

“Mulai hari ini digalakkan untuk membersihkan lingkungan mulai dari ngepel kemudian mengelap ruangan kantor dan lain sebagainya itu cukup dengan menggunakan alkohol,” jelas Mintarya kepada PMJ News, di Jakarta, Sabtu (14/03/2020).

Kasubbid Kespol Biddokkes dan Jajaran Polda Metro Jaya berikan sosialisasi pola hidup sehat terhindar dari virus corona. (Foto: PMJ News).

Dokter Fitriyana menimpali, pencegahan kedua agar terhindar dari virus corona yaitu, mencuci tangan secara benar.

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

“Menggunakan sabun hand sanitizer ini kadang-kadang kita kan pakai menurut penggunaannya jangan lebih dari 5 kali sehari karena akan membuat kulit kering. Ketika kulit kering kulit gampang terluka. Lebih bagus air mengalir dengan sabun,” tutur Fitriana.

Sosialisasi pola hidup sehat di lingkungan Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

Mintarya kembali melanjutkan, daya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus corona.

“Jangan lupa peregangan, salah satu pola hidup sehat itu kalau kita bangun tidur pun melakukan peregangan juga. Hal itu lumayan menghindari cedera membuka saluran nafas, lumayan efektif. Dari penelitian makanan yang bergizi harus kita konsumsi,” jelas Mintarya.

Bila mengalami gejala flu, menurut Mintarya, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 Minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

“Memang sekarang semua orang yang batuk pilek sakit tenggorokan yang pertama harus ada demam sebagian kecil persen demam sampai 37,2 derajat celcius. Makanya di semua tempat diputuskan ketika itu batasnya 3 7,5 derajat celcius di atas itu kalau dia mau masuk ke suatu tempat atau kalau di mall B disuruh pulang tadi,” tambahnya.

Terakhir, ia pun menyarankan agar mencoba mendeteksi risiko Anda bila merasa terjangkit virus corona. “Sudah ada call center dari pemerintah sudah ada di nomor 112 dan 199 orang yang bertanya soal virus corona,” tandansya. (FER).

BERITA TERKAIT