test

News

Sabtu, 25 Juni 2022 21:01 WIB

Dorong Pertumbuhan Investasi, Pemerintah Bangun Empat Pusat Data Nasional

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G Plate. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah menyiapkan pembangunan empat Pusat Data Nasional (PDN) sebagai bagian dari upaya mewujudkan pemerintahan berbasis digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebutkan hal tersebut bertujuan mendukung pelayanan publik yang efisien, efektif, serta transparan.

"Pemerintah akan membangun empat PDN berstandar global Tier- IV, Tingkat yang sangat tinggi untuk standar pusat data," ujar Johnny G. Plate saat meninjau Pembangunan Pusat Data Nasional di Turi Beach Resort, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (24/06/2022).

"Keempat lokasi PDN itu yakni di Kawasan Deltamas Industrial Estate (Jabodetabek), Nongsa Digital Park (Batam), Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur," sambungnya.

Johnny menjelaskan, konsumsi data di Indonesia saat ini menunjukkan pertumbuhan yang sangat cepat. Hal ini tentunya mendorong tumbuhnya investasi.

"Jadi potensi investasi dan konsumsi data di Indonesia sangat besar. Ini juga proyeksi dari potensi ekonomi digital Indonesia yang bertumbuh dengan pesat seperti prognosisnya," tuturnya.

"Kita harapkan konsumsi data perkapita di Indonesia akan semakin meningkat dengan pemerintah membangun pusat data, (serta) akan memberikan dorongan pada sektor privat juga (untuk) segera membangun pusat data," imbuhnya.

Dengan konsumsi data di Indonesia yang tumbuh sangat cepat, hal tersebut dapat mendukung pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dan diharapkan nantinya dapat mendorong tumbuhnya investasi pusat data di Indonesia.

"Perkiraan prognosis ekonomi digital Indonesia tahun 2025 sekitar USD124 milliar, sedangkan tahun 2030 diprediksi mencapai USD315 milliar. Itu merupakan 42 persen dari proyeksi digital ekonomi ASEAN, sehingga kita membutuhkan banyak pusat data,” tandasnya.

BERITA TERKAIT