test

Kesehatan

Senin, 3 Februari 2020 09:04 WIB

Riset, Olahraga Meningkatkan Kinerja Otak Lebih Baik

Editor: Ferro Maulana

Minum kopi sebelum olahraga bisa membantu membakar lemak lebih cepat (Foto: Dok Net/Ilustrasi)

PMJ - Sebuah studi baru pernah menyebut olahraga memiliki efek yang sama baiknya dengan kandungan kafein pada kopi terhadap daya ingat dan kinerja otak manusia.

Seperti dilansir laman Medical News Today, Senin (3/2/2020), dalam sebuah penelitian terbaru para ahli membandingkan efek kafein dan olahraga bagi tubuh. Tujuannya adalah membandingkan seberapa efektif keduanya meningkatkan memori kerja.

Memori kerja membantu proses pembelajaran dan memungkinkan untuk menyimpan informasi dalam otak, seperti mengingat nomor telpon, daftar belanja dalam jangka pendek.

Untuk menguji bagian fungsional dari kognisi, tim peneliti menggunakan tes n-back, yang menyerupai permainan kartu atau jepret. Dalam permainan seperti itu, tujuannya adalah untuk melihat pengulangan item yang muncul berturut-turut.

Dalam studi di Western, para peneliti mempresentasikan peserta dengan daftar item. Seperti permainan kartu populer, mereka harus menemukan pengulangan dari suatu item. Tim peneliti menguji apakah para peserta dapat melihat item berulang hingga tiga item.

Semakin banyak item yang harus dikembalikan oleh para peserta, semakin jelas berapa banyak informasi yang dapat disimpan oleh memori kerja. Untuk membandingkan efek kafein dan olahraga pada ingatan, tim secara acak menugaskan masing-masing peserta ke salah satu dari dua kelompok.

Pada bagian pertama penelitian, konsumen kafein dan non-kafein menjalani tugas n-back sebelum dan setelah latihan fisik maupun pemberian kafein. Bagian kedua dari penelitian berfokus pada penarikan kafein. Di sini, para peminum kafein melakukan tes n-back yang sama setelah 12 jam kekurangan kafein.

Peningkatan dalam memori kerja para peserta adalah sama setelah menghabiskan 20 menit di treadmill dan mengonsumsi satu porsi kafein. Ini mungkin tampak seperti kabar baik bagi orang-orang yang menikmati espresso tripel biasa.

Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa olahraga, dengan semua manfaat jangka panjangnya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan fokus seperti halnya kafein.

Semua temuan ini semakin signifikan, mengingat efek samping kafein. Penelitian ini juga menghasilkan beberapa kabar baik bagi peminum kopi karena menemukan bahwa olahraga juga dapat membantu mengatasi gejala efek negatif kafein.(Hdi)

BERITA TERKAIT