test

News

Rabu, 8 Juni 2022 22:01 WIB

Saran untuk Jemaah Haji di Tanah Suci, Bawa Bekal Kurma dan Banyak Minum

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Ibadah Umrah dan Haji di Tanah Suci. (Foto: PMJ/Doknet).

PMJ NEWS -  Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar memberikan saran untuk jemaah haji Indonesia di Makkah untuk membawa bekal kurma dan air.

Saran tersebut diberikan karena Arab Saudi sedang mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 40 sampai 44 derajat celsius.

“Bawa bekal sedikit kurma sehingga saat kelelahan, asupan nutrisinya dapat membantu menambah tenaga. Dan kurangi melakukan aktivitas yang tidak diperlukan untuk menghemat tenaga,” imbau Muhaimin di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Muhaimin meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan Kemenkes (Kemenkes) untuk mengambil langkah antisipasi terkait segala kemungkinan yang bisa terjadi kepada jemaah haji Indonesia.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram Cak Imin Now)
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram Cak Imin Now)

“Saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di Tanah Suci. Kita harus menjaga keselamatan masyarakat yang menjalankan Ibadah Haji. Pemerintah dan Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) perlu selalu memantau setiap pergerakan jemaah calon Haji di Tanah Suci,” ujarnya.

Dirinya juga meminta panitia haji untuk menyiapkan sarana medis yang memadai, sekaligus pemondokan strategis dengan fasilitas yang layak.

“Kondisi kesehatan para jemaah calon haji harus selalu diperhatikan oleh panitia haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk,” katanya.

Muhaimin pun mengimbau kepada para jemaah Haji untuk selalu waspada dan menjaga pola makan, serta selalu banyak minum untuk mencegah dehidrasi.

“Saya secara pribadi mengimbau jemaah Haji untuk selalu waspada. Jaga pola makan dengan baik dan perhatikan kebutuhan air minum untuk mencegah dehidrasi selama beribadah,” tandasnya.

 

BERITA TERKAIT