test

News

Kamis, 3 Juni 2021 14:05 WIB

Persiapan Sudah Matang, Asrama Haji Siap Menerima Jemaah Haji

Editor: Ferro Maulana

Asrama Haji Pondok Gede. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi menjelaskan Kemenag tetap melakukan persiapan di Asrama Haji. Meskipun, sampai hari ini Kamis (3/6/2021) Pemerintah Arab Saudi belum kunjung menyampaikan informasi resmi berkenaan teknis penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M.

"Bahwa kami, Kemenag, khususnya Ditjen PHU, siap melakukan apapun keputusan yang akan ditetapkan oleh pemerintah hari ini," tuturnya saat meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Di kesempatan yang sama, Khoirizi menegaskan terdapat 13 embarkasi di seluruh Indonesia sudah siap menerima jemaah haji. Alasannya, pihaknya telah melakukan persiapan secara matang.

"Saya pastikan, 13 embarkasi di seluruh Indonesia siap menerima jemaah Haji. Karena protapnya semuanya sama, bila mereka tidak melakukan persiapan, akan ada sanksi," tuturnya.

Sedangkan, Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Dasrul El Hakim mengungkapkan, sejumlah mitigasi telah dilakukan untuk mempersiapkan kedatangan calon jemaah haji. Antara lain, sudah menyiapkan 10 gedung penginapan.

"Kami telah menyiapkan 10 gedung penginapan. Dan satu di antaranya kami siapkan khusus digunakan bagi calon jemaah haji yang terindikasi covid-19," sambungnya.

Dirinya kembali mengungkapkan, untuk memastikan kondisi gedung aman bagi jemaah, pengurus Asrama Haji Pondok Gede juga sudah telah melakukan penyemprotan desinfektan secara reguler.

"Kapasitas kamar pun kita sesuaikan dengan ketetapan protokol kesehatan. Yaitu 50 persen. Jadi tiap kamar kita isi dua orang," pungkasnya. 

BERITA TERKAIT