test

Kesehatan

Rabu, 4 Maret 2020 10:13 WIB

Peneliti: 4 Jenis Tanaman Curcuma Bisa Tangkal Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Seorang Guru Besar Biologi Molekuler Unair Surabaya, Chairul Anwar Nidom yang mengemukanan Curcuma bisa menangkalvirus Corona (Foto: Dok Net)

PMJ - Virus Corona Covid-19 sudah 'masuk' ke Indonesia, kondisi ini membuat sebagian warga panik. Virus yang wabahnya berasal dari Wuhan, China ini memang belum ditemukan penawarnya.

Tapi masyarakat tak perlu khawatir, seorang Guru Besar Biologi Molekuler Unair Surabaya, Chairul Anwar Nidom mengklaim telah menemukan penangkal ampuh dari Virus Corona. Salah satunya curcumin yang udah dijumpai di Indonesia.

"Untuk menangkal virus corona, kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak," jelas Nidom, Selasa (3/3/2020).

Berikut manfaat dan khasiat tanaman curcuma.

1. Jahe

Tak hanya sebagai bahan makanan, jahe kerap dimanfaatkan sebagai obat. Rasa pedas pada jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Biasanya ada tiga jenis jahe yang banyak terdapat dipasaran diantaranya jahe kuning, jahe gajah, dan jahe merah.

2. Sereh

Sereh mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B, magnesium, kalium dan juga zat besi. Sereh juga dikatakan mengandung curcumin yang bisa menjadi penangkal Virus Corona.

Sereh juga bisa membantu menangkal radikal bebas, mengontrol tekanan darah, meredakan demam, batuk, serta sakit kepala. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman seperti dicampurkan dengan teh.

3. Kunyit

Kunyit biasanya digunakan untuk bumbu masakan, jamu atau dimanfaatkan untuk kecantikan. Kunyit banyak digunakan sebagai pewarna pada makanan. Ekstrak kunyit juga bisa diproduksi sebagai suplemen makanan berbentuk kapsul.

4. Temulawak Temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral.

Temulawak kerap dimanfaatkan sebagai obat antiradang, menghambat pembengkakan, antimikroba, dan lain sebagainya.

BERITA TERKAIT