test

News

Selasa, 31 Mei 2022 13:21 WIB

Suhu Panas, PPIH Imbau Jemaah Haji Perbanyak Minum Air di Tanah Suci

Editor: Ferro Maulana

Ibadah Umrah dan Haji di Tanah Suci. (Foto: PMJ/Doknet).

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melepas petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan tahun 2022.

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menjelaskan total petugas kesehatan yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 776 orang.

Kunta mengimbau petugas kesehatan memberikan pelayanan kuratif serta terus melakukan pendampingan preventif sekaligus promotif kepada jemaah haji Tanah Air.

Dirinya pun mengingatkan angka kematian haji Indonesia di Arab Saudi masih sangat tinggi.

Setiap tahun, terdapat sekitar 300 sampai 400 jemaah haji meninggal dunia dari total kuota sebanyak 121.000.

"Karena itu, saya mengharapkan peran saudara-saudara sekalian agar kondisi kesehatan para jemaah dapat terjaga dengan baik. Sehingga mengurangi resiko kematian," ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Menurut Kunta, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini masih di tengah pandemi Covid-19, berbeda dengan sebelumnya.

Karena itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk meminimalisir penularan Covid-19, baik untuk petugas maupun jemaah haji.

Pihaknya pun berharap petugas kesehatan dapat menjadi pioner dan memberikan contoh baik bagi jemaah Haji dalam menerapkan prokes.

"Kita berharap jemaah dan petugas kita terbebas dari Covid-19 baik saat keberangkatan maupun saat kembali ke Tanah Air," jelasnya.

Menurut Kunta, petugas kesehatan untuk mewaspadai perubahan cuaca ekstrim di Arab Saudi. Diperkirakan pada Juni hingga Juli 2022, suhu di Arab Saudi lebih panas dari kondisi biasanya.

Dirinya pun meminta petugas kesehatan terus mengedukasi dan mengingatkan jemaah untuk banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi.

Kegiatan gerakan minum dengan slogan 'jangan tunggu haus' juga harus dilakukan.

BERITA TERKAIT