test

News

Sabtu, 28 Mei 2022 19:01 WIB

Gage 26 Kawasan, Polisi Harap Volume Kendaraan Menurun 43,9 Persen

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ/Yeni).

PMJ NEWS -  Penerapan ganjil genap (gage) kini diperluas menjadi 26 kawasan di Jakarta. Diharapkan, penerapan ini bisa menurunkan volume kendaraan hingga 43,9 persen seperti yang terjadi di tahun 2019 lalu.

"Ketika gage di 26 ruas diaktifkan maka diharapkan dapat meningkatkan kecepatan sebesar 22,9% dan menurunkan volume lalu lintas sebesar 43,9%," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Sambodo lantas memaparkan latar belakang dibalik penerapan ganjil genap di 26 kawasan yang bermula dari hasil survei terkait kondisi lalu lintas yang mengalami peningkatan 31,2 persen dibandingkan dengan tahun 2019 silam.

Ia menyebut, hasil survei tersebut harus diantisipasi sehingga diberlakukanlah penerapan gage di 26 titik sebagai solusi penurunan tingkat volume kendaraan.

"Kenaikan 31,2% ini harus di antisipasi dengan mengaktifkan gage di 26 ruas jalan, intinya itu. Jadi itulah alasan kenapa gage di 26 ruas jalan diaktifkan kembali," bebernya.

Kendati begitu, Sambodo memastikan pihaknya akan terus memantau dan melakukan evaluasi selama tiga bulan kedepan untuk melihat keefektifan penerapan ganjil genap (gage) di 26 kawasan tersebut.

"Kalau 3 bulan kedepan malah menimbulkan kemacetan para di titik-titik luar ganjil genap, bisa saja kemudian gage ini kita sarankan untuk kita evaluasi kembali," tukas Sambodo.

 

BERITA TERKAIT