test

Kesehatan

Minggu, 8 Maret 2020 12:01 WIB

3 Tips Hindari Penyebaran Virus di Transportasi Umum

Editor: Redaksi

Layanan Transjakarta. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi).

PMJ - Penyebaran virus corona atau Covid-19 sudah menjangkau sejumlah negara, termasuk Indonesia. Meski belum ditemukan vaksin penawar virus tersebut, setidaknya ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Charles Gerba yang merupan seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat menyampaikan bahwa ada banyak tempat dimana memungkinkan virus menyebar, salah satunya transportasi umum.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko terkena virus saat di kendaraan umum? Seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2020), berikut tips agar tak mudah terpapar virus saat naik kendaraan umum.

1. Berangkat lebih awal

Jika memungkinkan, berangkatlah sedikit lebih awal atau lebih lambat untuk bekerja. Jadi kamu tak perlu berada di dalam kendaraan umum selama jam sibuk. "Semakin rendah kepadatan orang, semakin rendah risikonya," jelas Gerba.

Selain itu, saat membawa barang seperti dompet dan tas kain sebaiknya segera bersihkan dengan disinfektan atau setidaknya membasuh menggunakan air panas.

2. Hindari Ponsel

Hal lain yang perlu Anda lakukan, sebisa mungkin menghindari menyentuh ponsel selama di perjalanan. Ponsel bisa jadi tempat subur untuk kuman berkembang.

Jari-jari kotor Anda yang sudah menyentuh tiang, lalu menyentuh layar ponsel. Kemudian menempelkan dipipi dan mulut jika sedang melakukan panggilan telepon.

"Hindari menggunakan ponsel saat menggunakan transportasi umum. Setelah itu, bersihkan layar ponsel menggunakan alkohol segera setelah Anda sampai di kantor atau kembali ke rumah," tutur Gerba.

3. Jangan makan

Sebaiknya jangan makan selama di perjalanan, ini untuk menghindari terkena penyakit. Apalagi sarana transportasi di Jakarta seperti KRL, MRT dan Transjakarta sebenarnya sudah ada larangan tidak makan dan minum selama berada di dalamnya.

"Orang-orang lebih banyak menyentuh wajah mereka saat makan dan minum tanpa menyadarinya. Tunggu sampai Anda turun dari kereta untuk menghindari kemungkinan kontaminasi dari tangan ke mulut," tukas Gerba.(Hdi)

BERITA TERKAIT