test

Kesehatan

Senin, 9 Maret 2020 10:02 WIB

4 Tips Cegah Penurunan Daya Ingat

Editor: Ferro Maulana

Sering lupa saat masih muda, mungkin gejala demensia (Foto: Dok Net)

PMJ - Alzheimer atau penurunan daya ingat umum terjadi pada usia senja. Namun bagaimana jika kondisi tersebut dialami usia muda? Jika dibiarkan alzheimer dapat mengubah perilaku manusia.

berdasarkan riset yang dikeluarkan Alzheimer Society pada 2014 setidaknya ada 42 ribu penduduk muda di Inggris yang mengalami gejala demensia. Tidak ada cara pasti untuk mencegah demensia, namun mengubah gaya hidup sedini mungkin dapat membantu.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020), melakukan empat hal berikut ini dimungkinkan untuk mencegah resiko penyakit demensia.

1. Olahraga

Olahraga teratur adalah cara paling efektif untuk menangkal penurunan kognitif akibat demensia dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Olahraga melindungi terhadap Alzheimer dengan merangsang kemampuan otak untuk mempertahankan koneksi saraf.

2. Tidur yang cukup

Jika mood Anda sangat buruk seakan dunia berakhir ketika kurang tidur, waspadalah. Anda mungkin berisiko lebih tinggi untuk terkena gejala penyakit Alzheimer. Sudah umum bagi penderita demensia dan penyakit Alzheimer untuk menderita insomnia.

3. Jaga berat badan

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan darah, yang meningkatkan risiko terkena demensia. Selain itu, menjaga berat badan sehat juga akan mengurangi risiko diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, hingga demensia.

4. Berhenti merokok

Merokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Hipertensi kemudian meningkatkan risiko terkena demensia. Satu studi menemukan bahwa perokok yang berusia di atas 65 tahun memiliki risiko Alzheimer hampir 80 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok.(Hdi)

BERITA TERKAIT