test

News

Sabtu, 21 Mei 2022 13:59 WIB

Car Free Day Kembali Digelar, Polda Metro Jaya Siapkan Pengalihan Arus

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Jalan MH Thamrin yang akan menjadi salah satu lokasi CFD di Jakarta dipenuhi warga yang berolahraga. (Foto: PMJ News/Pemprov DKI)

PMJ NEWS - Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jakarta akan kembali digelar pada Minggu, 22 Mei 2022. Kegiatan ini mulai diberlakukan pukul 06.00-10.00 WIB.

Terkait penyelenggaraan HBKB ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan yang menjadi titik car free day.

"Iya pengalihan arus sudah kita siapkan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Pengalihan arus yang pertama yaitu di titik HBKB Sudirman-Thamrin. Kendaraan yang melintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan MH Thamrin akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Sedangkan arus dari Jalan H. Agus Salim menuju MH Thamrin akan dibelokkan ke Jalan Kebon Sirih.

Kedua, HBKB di Tomang Raya dan Suryopranoto. Kendaraan yang akan menuju Tomang Raya dari Jalan Ir Juanda nantinya akan dibelokkan ke arah Jalan Hasyim Ashari. Begitu juga dengan yang mengarah ke Tanah Abang.

Lanjut Jamal, untuk titik HBKB di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur yang mana kendaraan dari arah Bekasi menuju Jalan Pemuda akan diteruskan ke arah Terminal Pulogadung. Kepolisian nantinya akan menutup beberapa ruas jalan yang mengarah ke Simpang Pemuda.

"Dari Jalan Pramuka ke Jalan Pemuda akan kami alihkan ke kanan ke arah Jalan Ahmad Yani, dan dari Jalan Ahmad ke Pramuka akan di luruskan ke arah Cililitan," jelasnya.

Terakhir, HBKB di Danau Sunter, kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari Simpang Karya Beton sampai dengan GOR Sunter.

Kata Jamal, terdapat enam titik yang akan menjadi lokasi HBKB atau car free day di Jakarta pada Minggu, 22 Mei 2022 esok. Di antaranya:

1. Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya sampai Patung Pemuda Membangun);
2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan;
3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat;
4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara;
5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat;
6. Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-Gas), Jakarta Timur.

BERITA TERKAIT