test

News

Selasa, 26 April 2022 11:02 WIB

Imbauan Kapolri ke Pemudik, Gunakan Transportasi Umum dan Jalur Alternatif

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan arahannya. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum, seperti kereta api dan pesawat dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan arus di jalur mudik. Sebab, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, diperkirakan terdapat 85 juta masyarakat yang melaksanakan mudik.

"Jumlah ini sangat besar dan berpotensi menimbulkan kepadatan di jalur mudik. Maka dari itu, Polri mengimbau masyarakat bisa menggunakan moda transportasi lain sehingga mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya," kata Sigit dikutip dari akun instagram @divisihumaspolri, Selasa (26/4/2022).

Selain menggunakan moda transportasi lain, masyarakat yang akan mudik juga diimbau untuk melakukan perjalanan lebih awal yakni pada 25-27 April 2022. Para pemudik bisa memanfaatkan jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan.

"Agar terhindar dari kepadatan jalur mudik, masyarakat bisa menggunakan jalur alternatif seperti jalur pantai utara dan pantai selatan. Pemudik juga bisa memanfaatkan mudik gratis yang disediakan," jelasnya.

Mantan Kabareskrim ini juga menegaskan pihaknya telah menyiapkan sejumlah skenario perjalanan mudik bagi masyarakat, mulai dari penerapan rekayasa lalu lintas, ganjil genap hingga one way.

Ia berharap, dengan adanya skenario tersebut Polri dapat terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga pemudik dapat melaksanakan perjalanan dengan aman dan nyaman.

"Juga dalam kondisi sehat, karena ini menjadi prioritas utama bagi kami sebab pandemi Covid-19 belum usai," pungkas Sigit.

BERITA TERKAIT