test

News

Kamis, 14 April 2022 13:48 WIB

Kapolri Sebut 23 Pintu Tol Rawan Kepadatan Saat Mudik Lebaran

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok PMJ/ Yeni)

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan terdapat 23 pintu tol yang menjadi titik rawan kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran. Hal itu disampaikan Sigit dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Mabes Polri.

"Terdapat 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan," ujar Sigit di Mabes Polri, Kamis (14/4/2022).

Dikatakan Sigit, titik kepadatan arus saat mudik itu tersebar di sepanjang ruas tol Trans Jawa, mulai dari Banten hingga Jawa Timur.

"Untuk wilayah Banten itu ada dua titik, di Jakarta atau Polda Metro Jaya ada dua gate tol, kemudian wilayah Jawa Barat itu ada tujuh, Jawa Tengah enam tol dan Jawa Timur itu ada enam tol," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Sigit peningkatan kepadatan arus lalu lintas di 23 tol itu bisa menyebabkan masalah baru berupa perubahan atau penambahan lajur. Seperti yang biasa terjadi Tol Tangerang-Merak kilometer 26 yang semula 4 lajur menjadi 2.

Lalu, untuk tol arah Cikampek mulai kilometer 48 sampai kilometer 50 terdapat perubahan lajur menjadi 3 jalur. Begitu juga di Tol Cikampek kilometer 31-37 ada perubahan dari empat menjadi tiga lajur.

"Untuk arah Jakarta dan sebaliknya itu yang semula enam lajur menjadi tiga lajur. Saat terjadinya arus balik nanti dan di kilometer 54 dari yang lima lajur menjadi tiga," jelasnya.

Maka dari itu, Sigit meminta jajarannya untuk mewaspadai potensi perlambatan dan kepadatan arus. Jika terjadi, harus dilakukan penguraian secepat mungkin mengingat prediksi warga yang melakukan mudik sangat besar.

"Saya harap, semua bisa dipersiapkan dengan matang sehingga kita berikan kemudahan untuk masyarakat yang mudik bisa betul-betul," pungkas Sigit.


BERITA TERKAIT