test

Hukrim

Jumat, 8 April 2022 17:01 WIB

Dari 6 Wilayah, Polisi Tangkap 19 Tersangka Penyalahgunaan Solar Subsidi

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok PMJ/ Yeni)

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan terjadi peningkatan kebutuhan solar subsidi dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini berbanding terbalik dengan kebutuhan solar industri yang mengalami penurunan.

Menurut Sigit, fenomena tersebut terjadi karena adanya kenaikan trend komoditas  khususnya di bidang perkebunan dan pertambangan. Selain itu, perang Rusia dan Ukraina juga menyebabkan stok minyak dan gas di Indonesia turut menurun.

Sehingga sebagian jenis BBM mengalami kenaikan harga. Begitu juga dengan solar subsidi dan solar industri yang mengalami perbandingan harga cukup tinggi senilai Rp12.500.

"Terjadi disparitas tinggi antara solar subsidi dan solar industri dengan perbedaan Rp12.500," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (8/4/2022).

Keterangan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News/ Yeni)
Keterangan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News/ Yeni)

Disparitas itu kemudian disalahgunakan oleh kelompok masyarakat tertentu yang memanfaatkannya untuk mengambil kebutuhan solar industri dari SPBU subsidi.

Tentunya hal ini menjadi beban bagi pemerintah dan bisa menimbulkan masalah ketersedian BBM subsidi di tengah masyarakat.

Sebab, solar subsidi yang harusnya diperuntukkan bagi masyarakat, transportasi umum dan pelaku UMKM justru beralih menjadi kebutuhan industri.

Berdasarkan temuan tersebut, Sigit menyebut pihaknya telah mengamankan 19 orang yang melakukan pengoplosan BBM khususnya solar subsidi ke industri.

"Kami sudah tangkap 19 tersangka dari enam wilayah," jelasnya

Diharapkan, dengan penangkapan tersebut distribusi BBM khususnya solar subsidi bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Nantinya, kebutuhan solar industri akan disediakan oleh kuota industri," pungkas Sigit.

BERITA TERKAIT