test

News

Jumat, 20 Agustus 2021 15:35 WIB

Kemenperin Siap Uji Coba Pembukaan Pabrik Sektor Esensial Secara Penuh

Editor: Ferro Maulana

Industri kembali menggeliat. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengimplementasikan uji coba pembukaan pabrik sektor esensial secara penuh dari yang sebelumnya hanya dapat beroperasi 50 persen.

Bila keseluruhannya berjalan dengan baik, kemungkinan pemerintah akan mengizinkan pabrik beroperasi dengan kapasitas 100 persen.

"Bila semua upaya yang dilakukan dan uji coba menunjukkan hasil yang baik dalam waktu 1-2 minggu ke depan. Kami berharap sektor industri baik yag bersifat kritikal maupun esensial dapat beroperasi secara penuh dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," terang Dirjen Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Eko S.A Cahyanto melalui siaran persnya, Jumat (20/8/2021).

Eko menambahkan, sejumlah pabrik yang mengikuti uji coba ini antara lain, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO).

Menurut Eko, kedua perusahaan itu banyak menyerap tenaga kerja serta cukup memenuhi kriteria untuk dapat melakukan uji coba operasi secara penuh.

Di kesempatan yang sama, Eko pun memberikan apresiasi kepada kedua perusahaan itu yang telah melakukan vaksinasi terhadap hampir seluruh  karyawannya.

Selain itu, juga melakukan screening terhadap orang yang keluar-masuk pada fasilitas produksi perusahaan.

“Perusahaan-perusahaan yang mengikuti uji coba ini telah secara konsisten melakukan kewajiban pelaporan berkala IOMKI serta melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan industri sesuai dengan SE Menperin 3/2021,” tuturnya.

Secara keseluruhan, Eko pun berharap setelah uji coba berakhir diharapkan utilisasi dan produktivitas sektor industri dapat kembali ditingkatkan.

Sehingga mampu mendorong kontribusi dan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

BERITA TERKAIT