test

News

Jumat, 1 April 2022 09:45 WIB

Satgas Optimis Indonesia Masuk Endemi Jika Nihil Kasus Pasca Idul Fitri

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Vaksinasi Covid-19 gencar dilakukan di Indonesia. (Foto: PMJ News/Yeni)

PMJ NEWS - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto menargetkan Indonesia bisa segera memasuki fase endemi. Kata Suharyanto target ini bisa diwujudkan jika tidak ada lonjakan kasus Covid-19 pasca Idul Fitri di tahun ini.

"Apabila tetep landai, tidak terjadi peningkatan kasus yang signifikan, mungkin kita akan berpikir untuk beralih status menjadi endemi," kata Suharyanto dalam konferensi pers secara daring, Jumat (1/4/2022).

Dikatakan Suharyanto, terdapat banyak faktor yang menentukan peralihan status suatu negara dari pandemi menjadi endemi. Tentunya, hal itu harus diputuskan Satgas bersama stakeholder terkait.

Lanjutnya, sampai dengan saat ini Satgas masih terus meninjau perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia untuk bisa mencapai target status endemi.

"Mudah-mudahan pasca Idulfitri tahun 2022 ini kondisinya tidak seperti pasca liburan-liburan panjang sebelumnya. Kita lihat setiap Idulfitri kan ada kenaikan dan timbul varian baru. Mudah-mudahan sekarang tidak seperti itu," tukasnya.

BERITA TERKAIT