test

News

Senin, 15 Maret 2021 21:01 WIB

Menaker: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mulai Membaik

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (Foto: PMJ News/Instagram @ idafauziyahnu).

PMJ NEWS - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengklaim sektor ketenagakerjaan Indonesia berangsur pulih selama masa pandemi Covid-19. Sinyal pemulihan ini muncul seiring dengan langkah pemerintah yang membuat kebijakan stimulus hingga relaksasi pajak dan restrukturisasi kredit.

"Kita bisa lihat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan kuartal IV 2020 berangsur membaik meski masih ada di zona minus," ujar Menteri Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Menurut Ida, ada 3 sektor ekonomi yang menjadi penyerap tenaga kerja terbanyak selama masa pandemi. Di antaranya pertanian, industri pengolahan dan perdagangan. Ketiga sektor tersebut menunjukkan peningkatan kinerja.

Selanjutnya, kata dia, Purchasing Managers' Index (PMI) Indonesia juga tercatat membaik pada kuartal III 2020, meski angkanya masih terkontraksi. Diprediksi, pada kuartal I 2021, PMI Indonesia akan berada di level 51,14.

"Ini artinya menunjukkan sinyal ekspansi usaha khususnya industri manufaktur membaik," tegasnya.

Seiring meningkatnya ekspansi dunia usaha, index penggunaan tenaga kerja juga diperkirakan meningkat pada triwulan I 2021. Penyerapan tenaga kerja dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) masih terus tumbuh.

"Terbukanya lapangan kerja saya kira akan semakin tumbuh seiring dengan diimplementasikannya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja," tukasnya.

BERITA TERKAIT