test

News

Senin, 28 Maret 2022 13:50 WIB

Jokowi: Jangan Jadi Penonton, Produk UMKM Harus Banjiri Marketplace

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat pidato di acara Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM di Istana Negara, Jakarta. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus berinovasi agar terus berkembang. Salah satunya dengan beralih ke era digitalisasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Negara saat pidato di acara Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/3/2022).

"Digitalisasi telah menjadi solusi para pelaku koperasi dan UMKM untuk bertahan, untuk tumbuh bahkan berkembang di tengah situasi yang sulit, di tengah pembatasan aktivitas dan mobilitas," ungkap Jokowi.

Jokowi mencatat pada masa pandemi setidaknya ada 17,5 juta pelaku UMKM yang telah masuk ekosistem digital. "Jumlah ini belum cukup dan harus terus kita tingkatkan," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi menginginkan agar momentum saat ini digunakan sebaik-baiknya untuk mendorong percepatan transformasi digital UMKM. Termasuk membanjiri marketplace dan menjadi bagian dari rantai pasok nasional maupun global.

"Kita tidak boleh hanya menjadi penonton, di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. UMKM Koperasi harus membanjiri marketplace dengan produk-produk dalam negeri," tuturnya.

Demi mencapai hal tersebut, Jokowi mengakui perlu adanya pembenahan dari hulu hingga ke hilir. "Produk UMKM harus semakin berkualitas, harus semakin kompetitif dan harus kita benahi bersama-sama packaging-nya dan juga branding-nya," tukasnya.

BERITA TERKAIT