test

News

Kamis, 24 Maret 2022 09:07 WIB

Menkes: Pemudik Belum Vaksin Lengkap dan Booster Wajib PCR-Antigen

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut bagi pemudik yang belum menerima vaksinasi dosis lengkap maupun booster tetap diwajibkan untuk tes Antigen dan PCR.

"Untuk mudik usahakan udah vaksin lengkap dan booster. Engga perlu dites, kalau udah dosis penuh harus antigen, kalau baru satu kali suntik harus PCR," ungkap Budi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (23/3/2022) malam.

Untuk memfasilitasi pemudik yang belum menjalani vaksinasi, Budi menyatakan stok vaksin sangat memadai dan dipatikan cukup hingga empat bulan ke depan.

"Stok vaksin yang ada di kita 475 juta yang sudah kita adakan. Yang sudah disuntik 395 juta, jadi masih ada 80 juta dosis vaksin yang bisa kita pakai untuk suntik booster termasuk juga suntik kedua," tuturnya.

"Biasanya sekarang kalau saya lihat seminggu rata-rata ya 5-6 juta lah seminggu jadi kalau kondisi normal paling 20 jutaan dosis satu bulan yang kita miliki masih empat bulan stok," sambungnya.

Sebelumnya, pemerintah kemungkinan besar akan mengizinkan masyarakat untuk mudik tahun ini. Hal tersebut disampaikan Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

BERITA TERKAIT