test

News

Kamis, 10 Maret 2022 21:01 WIB

Korlantas Polri Ungkap Masalah yang Bisa Ganggu Kelancaran Arus Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas Polri)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan ada sejumlah masalah yang ditemukan saat menyusuri Tol Trans Jawa. Hal ini perlu jadi perhatian saat musim mudik lebaran.

Pertama, banyak pagar pembatas di sepanjang Tol Trans Jawa yang rusak. Kedua, ditemukan beberapa kendaraan besar bermuatan yang tidak kuat menanjak.

Selain itu, lanjut Firman, ada titik genangan di beberapa ruas jalan. Kondisi ini ditemuinya karena selama dalam perjalanan jalur tol yang dilintasinya diguyur hujan beberapa kali.

"Ini juga rawan apabila dikombinasikan dengan kecepatan kendaraan yang kita sebut main sky. Itu juga bisa berbahaya," ujar Firman di Bundaran Waru, Surabaya, Kamis (10/3/2022).

Firman juga memberi perhatian khusus terkait kendaraan besar dengan muatan berlebih (ODOL). Dia mengingatkan adanya kelebihan muatan pada satu kendaraan bisa berdampak pada terjadi hambatan lalu lintas.

"Hambatannya, mobil yang terlalu berat otomatis tidak bisa mencapai kecepatan yang diharapkan. Dia menghambat laju kendaraan lain yang ada di belakangnya. Kedua, karena terlalu berat, dia berpotensi merusak jalan,” ujarnya.

Temuan tersebut, kata Firman, akan menjadi bahan evaluasi untuk mencari solusi agar hambatan-hambatan lalu lintas pada musim mudik lebaran bisa diantisipasi.

Firman menekankan perlu adanya manajamen dan dibutuhkan kedewasaan dari semua pihak, agar arus mudik dan arus balik berjalan lancar.

"Jadi perlu diatur sekali lagi. Mohon tidak diartikan kami mempersulit, kami bertekad untuk memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat pada saat mudik, balik, dan pengamanan hari raya," tukasnya.

BERITA TERKAIT