logo-pmjnews.com

test

News

Rabu, 10 Maret 2021 12:50 WIB

Buka Rakernis Lantas, Kapolri Minta Korlantas Berinovasi dengan Teknologi

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2021. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2021. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas. Acara berlangsung di Pusat Pendidikan Lalu Lintas, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (10/3/2021).

Dalam arahannya, Jenderal Sigit mengapresiasi Korlantas Polri yang terus berinovasi dengan transformasi teknologi. Hal ini semata untuk memudahkan masyarakat saat akan mengurus berkas kendaraan.

"Ini tentunya menjadi satu capaian yang diharapkan bisa diselesaikan dalam waktu 100 hari. Kemudian masyarakat betul-betul bisa merasakan pelayanan kepolisian dengan mengedepankan teknologi informasi," ungkap Kapolri Sigit di sela acara Rakornis.

Sigit mencontohkan beberapa transformasi yang dilakukan Korlantas Polri di antaranya untuk pegujian SIM, pengurusan STNK dan BPKB dengan sistem online. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu hadir secara langsung.

"Nantinya pengujian SIM dengan menggunakan aplikasi bisa dilakukan dengan sistem online, juga mengurus STNK dan BPKB dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga masyarakat tidak perlu hadir, setelah selesai nantinya akan dikirim melalui jasa delivery sistem," tuturnya.

Selain itu, Kapolri juga menekankan inovasi dalam penindakan pelanggaran lalu lintas. Di masa pandemi ini, Korlantas tengah menyiapkan sistem tilang elektronik (ETLE) yang akan diberlakukan di 34 jajaran polda di seluruh Tanah Air.

"Korlantas Polri akan melaksanakan penegakan hukum lalu lintas tanpa perlu berinteraksi langsung, yaitu dengan sistem yang dinamakan tilang Elektronik (ETLE). Dalam 100 hari akan diterapkan di 11 wilayah, setelah itu akan dilanjutkan ke 34 jajaran polda," terangnya.

"Ini akan menjadi konsen kami sehingga tampilan Polri di dalam memberikan pelayanan ke masyarakat menjadi lebih baik, tentunya kita juga terus menerus akan melakukan evaluasi untuk perbaikan-perbaikan pelayanan kepolisian," imbuhnya.

BERITA TERKAIT