test

News

Kamis, 11 Maret 2021 12:10 WIB

IMI-Korlantas Polri Siapkan Sirkuit Off Road untuk Pelatihan Safety Driving

Editor: Hadi Ismanto

Korlantas-IMI akan bangun sirkuit offroad untuk safety riding. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pembangun Sirkuit Off-Road di kawasan Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang Selatan.

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono. Pembangunan ini dimaksudkan untuk pelatihan safety driving dan safety riding bagi masyarakat.

"IMI akan menyediakan instruktur terlatih, yang berasal dari para pembalap profesional seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Sean Gelael hingga Akbar Rais," ungkap Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021).

"Sejalan dengan kampanye keluarga besar IMI 2021-2024, yakni Indonesia Juara, Bebas Narkoba, Tertib Berlalu Lintas, Langit Biru, dan Jaga NKRI," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menyinggung tentang tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Ia menyebut sekitar 61 persen kecelakaan dari faktor kemampuan dan karakter pengemudi

"Tingginya angka kecelakaan lalu lintas dipicu berbagai sebab. Pertama, sekitar 61 persen, adalah faktor manusia, yaitu kemampuan dan karakter pengemudi kendaraan," ujarnya.

Adapun faktor kedua, kata Bamsoet, faktor sarana dan prasarana jalan harus menjadi perhatian. Berikutnya yang menyebabkan kecelakaan disebabkan kendaraan yang tidak laik jalan.

"Kedua, sekitar 30 persen adalah faktor infrastruktur dan lingkungan, misalnya kerusakan jalan. Ketiga, sekitar 9 persen adalah faktor kendaraan yang tidak laik jalan, serta kurangnya kelengkapan teknis kendaraan sehingga tidak memberikan perlindungan," tukasnya.

BERITA TERKAIT